Laman

Jumat, 06 April 2012

Mengatasi Salah Berbicara,Salah Mengerti dan Terlalu Cepat Mengambil Kesimpulan atau Keputusan

Sering kali kita salah dalam berkata,salah mengerti dan terlalu cepat mengambil keputusan atau kesimpulan.


Salah berkata dan salah mengerti adalah kesalahan awal yang cukup berbahaya,biasanya jika salah berkata dan mengerti akan menimbulkan rasa yang tidak enak kepada 2 pihak -kita dan lawan bicara kita- di sisi kita akan timbul rasa resah yang dinamakan merasa bersalah sedangkan lawan bicara kita akan merasa kecewa karena ucapan kita.
Namun terlalu cepat mengambil kesimpulan dan keputusan berakibat lebih besar dibanding hanya salah berkata atau salah mengerti karena akan berpengaruh di depannya.


Mengapa semua ini terjadi?


Semua ini terjadi karena kadang kita tidak memperhatikan kata-kata lawan bicara kita dengan baik,merasa mengerti sebelum lawan bicara kita selesai menjelaskan apa yang ia maksud dan kadang kita enggan atau malu untuk bertanya kembali meskipun kita tidak benar-benar mengerti.


Lalu bagaimana agar kejadian ini setidaknya tidak terulang kembali?


Caranya hanya cukup


1. Dengarkan Baik-baik
Dengarkan dengan baik-baik apa yang lawan bicara kita katakan,dengan mendengar baik-baik kita akan mudah mengerti dan mengurangi potensi untuk salah mengerti.


2. Berfikir 2 Kali
Setelah mendengarkan lawan bicara dengan baik-baik ada baiknya jika kita berfikir 2 kali sebelum menjawab pertanyaan sang lawan bicara apakah jawaban kita nanti akan menyinggung-nya atau membuatnya kecewa sehingga mengecilkan potensi untuk kita salah berbicara jika memang jawabannya akan membuat kecewa sampaikanlah secara baik-baik dan pikir lagi apa kesimpulan atau keputusan kita sudah tepat.


3. Tanyakan Kembali
Tanyakan kembali jika memang kita tidak begitu mengerti atau kurang jelas dengan apa yang tadi dibicarakan,lebih baik bertanya kembali dari pada kita salah berkata,salah mengerti dan terlalu cepat mengambil keputusan atau kesimpulan yang nantinya beresiko.


Oleh : Aditya D.G

Tidak ada komentar:

Posting Komentar